Jumat, 23 Mei 2008

Farid Akhwan

Thomas Darmawan

Ketua GAPMMI

Farid Akhwan

Pemilik Industri Tenun Gajah Palem Pekalongan

Promosi Produk Lokal harus Diikuti Daya Saing

§ Upaya pemerintah untuk menumbuhkan kecintaan masyara-kat terhadap produk dalam negeri harus diikuti usaha konkret pemerintah dan pelaku usaha untuk meningkatkan daya saing. Selama ini daya saing produk lokal masih rendah, sehingga dengan adanya penyelundupan membuat perdagangan menjadi tidak sehat, dan harga produk lokal menjadi tidak kompetitif dengan produk impor.

§ Promosi penggunaan produk lokal perlu didukung oleh perbankan dan pemerintah, karena UKM yang mendapat order di pameran biasanya tidak punya modal.

Sentra Tekstil Pekalongan “SOS”

§ Kalangan produsen sarung, tenun, batik dan jins Pekalongan, Jawa Tengah panik, karena jutaan kodi hasil produksinya tidak terserap pasar. Bila pemerintah tidak segera turun tangan memberikan akses pasar, maka industri tekstil di Pekalongan terancan gulung tikar. Sementara ratusan ribu pengusaha grosir, pemasok bahan baku, buruh dan kegiatan ekonomi di sentra tekstil Pekalongan kehilangan order dan pekerjaan.

§ Kondisi ini benar-benar serius, dan kalau tidak ada tindakan nyata dari pemerintah, tidak bisa dibayangkan apakah dalam satu bulan ini kegiatan produksi di Pekalongan masih bisa berjalan atau berhenti.

Tidak ada komentar: